Kandungan Gizi dalam Minuman Legen Asli Tuban, Lamongan dan Gresik

Ternyata Kandungan Minuman Legen asli dari pohon siwalan ini sangatlah banyak lo, tak hanya rasanya yang nikmat dan segar legen dipercaya juga mampu mengobati berbagai penyakit ringan hingga kronis.

Di dalam Air Legen mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik dan di butuhkan bagi tubuh, seperti kabohidrat, vitamin C, vitamin E dan berbagai mineral yang sangat penting bagi kita. Namun bila Legen ini sudah menginap selama 2 hari, maka rasa dan baunya sudah berubah asam dan masyarakat Tuban biasa menyebutnya Tuwak atau Towak, nah Minuman Towak inilah yang dapat menyebabkan kita tak sadarkan diri bila terlalu banyak mengkonsumsinya dan di golongkan menjadi jenis minuman yang memabukkan.
Minuman Legen siwalan, sumber: google,image
Dibutuhkan cara yang baik dan benar untuk mengelola dan menangani minuman Legen, sehingga sesuai dgnn KEPMENKES RI (indonesia) No 907/MENKES/SK/VII/2002 yakni tentang Syarat-Syarat dan juga Pengawasan Kualitas Air Minum.

Bahwa air minum haruslah bebas dari berbagai bakteri Escherichia coli. Penelitian ini dilakukan utk menganalisis perbedaan angka MPN Escherichia coli dalam minuman legen di kios dan juga di rumah makan yang banyak di jumpai di sepanjang jalan Veteran kota Gresik Jatim.

Penelitian Kandungan minuman Legen

Penelitian ini adalah penelitian analitik yang berdasarkan rentang waktunya merupakan suatu penelitian cross sectional. Sampel ini diambil secara total dari 17 pedagang kios dan tiga pedagang rumah makan dgn pengulangan sebanyak 3 kali.

Sedangkan uji coba yg digunakan untuk melihat suatu perbedaan angka MPN Escherichia coli menggunakan uji Independent samples test dan juga untuk melihat apakah ada suatu keterkaitan diantara kualitas legen dgn tempat jualan menggunakan uji Fisher's Exact Test.

Baca Juga: Cara Mengobati Sipilis Sendiri 100% Berhasil

Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa uji keseluruhan 14 kios dan dua rumah makan mengandung banyak bakteri Escherichia coli serta hal ini masih belum sesuai dgn standart.

Dari pengujian Independent sample test di ketahui hasil p=0,000 <α=0,05 Ho ditolak jadi angka MPN Escherichia coli minuman legen yang di kios lebih tinggi signifikan dari pada di rumah makan.

Sedangkan menurut uji coba Fisher's Exact Test diperoleh suatu hasil sig=0,87 >α=0,05 Ho diterima berarti tak ada keterkaitan antara kualitas minuman legen dengan tempat lokasi berjualan.

Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah angka MPN Escherichia coli Minuman Tradisional Legen yang ada di kios lebih tinggi signifikan daripada dirumah makan yg terdapat disepanjang jln Veteran kota Gresik. jadi wadah, tempat dan juga lama proses penyimpanan dapat mempengaruhi kualitas minuman Legen. sumber (repository.unair.ac.id)